Take a fresh look at your lifestyle.

Kamu Pria Bertubuh Gemuk? Baca 5 Tips Ini Agar Penampilanmu Tetap Stylish dan Keren

0
celana untuk pria bertubuh gemuk
Sumber : esquire.com

Memilih model pakaian, celana khususnya, yang pas bisa jadi suatu tantangan bagi pemilik tubuh gemuk. Bukan hanya bagi wanita, banyak pria yang juga harus berpikir lebih keras agar celana yang dikenakan tubuh berisinya enak dipandang dan tidak terlihat aneh.

Dengan berkembangnya industri fashion, pria bertubuh gemuk saat ini tidak perlu khawatir karena bisa lebih mudah untuk tampil modis dan bergaya dengan pilihan berbagai mode celana yang ada. Dengan padu padan yang tepat, celana yang dikenakan bisa menampakkan kesan badan lebih proporsional dan tegas.

Dressing well is about presenting your body in the best and most flattering way possible — without trying to distort or alter the body itself. Anything else is just costuming. –artofmanliness.com

Bukan hanya tentang menampilkan celana terbaik yang dikenakan, tapi juga kenyamanan pemakainya. Penggunaan model dan bahan celana yang sesuai tentunya akan sangat berguna untuk membuat nyaman dan percaya diri penggunanya. 

Nah berikut beberapa tips yang perlu kamu simak mengenai pemilihan celana yang cocok untuk para pemilik tubuk gemuk.

Pilih Ukuran Celana yang Pas di Badan

Kualitas tertinggi sebuah pakaian adalah kesesuaian dan kenyamanan ditubuh pemakainya.

celana ukuran pas untuk orang gemuk
Sumber : dmarge.com

Memilih ukuran yang pas bisa menjadi kunci kenyamanan dan tampilan yang bagus bagi pria bertubuh besar. Hal ini menekankan bahwa pakaian bagi orang bertubuh gendut bukan hanya mementingkan penampilan yang ditunjukkan ke orang lain, namun juga kenyamanan bagi pemakainya.

Jika pria bertubuh kurus bisa mengenakan celana ukuran slim fit, maka pria bertubuh gemuk lebih baik menggunkan ukuran di atasnya, seperti regular fit, plus size, atau custom fit, disesuaikan dengan ukuran tubuh masing-masing. Pastikan celana yang dikenakan tidak menyakiti, sebagaimana fungsi pakaian adalah untuk melindungi penggunanya. Tidak terlalu kecil atau terlalu besar, namun pas.

Hindari memakai celana kebesaran atau terlalu ngepas di badan. Banyak pria berpikiran bahwa pria baju berukuran besar dapat menutupi dan menyembunyikan tubuh gemuk. Namun perlu diketahui, pemilihan celana kebesaran justru bisa membuat tampilan aneh dan badan yang tampak semakin besar. Selain itu, pakaian yang kekecilan atau terlalu pas di badan bisa jadi akan memberi membuat penampilan lebih buruk. Celana yang kekecilan bisa menampakkan lekuk lemak di badan secara lebih jelas.

Pilih Model Celana Berpotongan Lurus

Celana potongan lurus ata straight cut untuk pria gemuk
Sumber : pinterest.com

Model celana berpotongan lurus atau straight cut merupakan pilihan yang paling pas untuk pria bertubuh gemuk. Potongan lurus yang sama dari pinggang hingga mata kaki membuat kaki akan terlihat lebih jenjang dan ramping.

Hindari penggunaan skinny jeans atau celana yang terlalu ketat karena justru lekukan-lekukan di pinggang, paha, dan kaki akan tampak lebih jelas.

Pilih Warna dan Motif yang Sesuai

Warna dan motif sederhana adalah pilihan yang paling aman.

Warna celana polos dan gelap adalah pilihan paling aman bagi pemilik tubuh besar. Pada umumnya, warna gelap memberi kesan kosong yang mengesankan berkurangnya volume badan penggunanya. Celana warna gelap, seperti navy, hitam, hijau gelap, membuat tampilan pria terlihat lebih tegas dan lebih ramping daripada warna cerah. Namun, penggunaan celana berwarna gelap ini harus disesuaikan dengan padu padan atasan yang dikenakan. Pria bertubuh gemuk juga bisa tampil menawan dengan setelan celana berwarna cerah yang dipadukan dengan atasan berwarna gelap.

Pemilihan motif celana bagi orang gemuk juga perlu diperhatikan. Motif garis vertikal bisa menjadi pilihan karena memberikan efek badan terlihat lebih ramping dan lebih tinggi. Motif ini merupakan salah satu pilihan yang cocok bagi pemilik tubuh gemuk jika ingin bereksperimen dalam bergaya busana. Model celana formal bermotif garis vertikal dengan atasan kemeja dan jas bermotif senada dapat menjadi paduan yang sempurna untuk dikenakan di acara-acara resmi.

Hindari celana dengan motif yang terlalu besar dan ramai, karena jika tidak sesuai akan jadi tampak aneh. Selain itu, motif garis horizontal bukan merupakan pilihan yang tepat karena justru akan menciptakan ilusi volume yang lebih besar.

Pilih Celana Model Strip Jogger Pants

celana straight jogger pants untuk pria gemuk atau gendut
Sumber : shopee.co.id

Model celana ini pada umumnya merupakan bentuk celana pensil dengan ujung celana berupa karet. Celana model strip jogger pants biasanya juga dilengkapi dengan aksen garis strip di salah satu lutut. Aksen ini bisa menyamarkan paha besar dan betis besar pada pemakainya. Strip jogger pants nyaman digunakan untuk berolahraga maupun aktivitas santai lainnya. Selain itu, strip jogger pants dibuat dengan kain yang membuat nyaman untuk dipakai pria bertubuh gemuk.

Pilih Bahan yang Ringan dan Kuat

Pemilihan bahan menjadi salah satu hal penting bagi pria bertubuh besar. Bukan hanya agar penampilan sempurna, namun juga nyaman untuk dipakai beraktivitas segala rupa. Bahan yang ringan dan kuat dapat menjadi pilihan terbaik. Bahan ringan dapat membantu mempermudah pergerakan pria bertubuh besar dan bahan yang kuat tapi elastis bisa memberikan kenyamanan lebih untuk berbagai aktivitas.

Hindari bahan celana yang tebal dan terlalu tipis. Bahan yang tebal atau berlapis akan membuat tubuh pria gemuk semakin besar. Terlebih bahan yang terlalu tebal dapat semakin menghambat pergerakan. Ketebalan bahan juga akan mudah membuat suhu tubuh lebih cepat panas dan memproduksi keringat lebih banyak. Sedangkan bahan celana yang terlalu tipis dikhawatirkan akan lebih mudah robek akibat berat tubuh. Selain itu, bahan yang terlalu tipis akan menampakkan lekuk tubuh gemuk terlihat jelas.

Kesimpulannya kunci untuk terlihat lebih tajam dan ramping adalah menggunakan tipu daya visual. Caranya dengan minimalkan luas permukaan, kurangi menonjolkan bagian tubuh secara terbuka. Menyesuaikan warna pakaian juga sangat penting. Gelapkan bagian besar – perut, pantat, atau paha – yang tidak ingin tonjolkan, dan kenakan warna yang lebih terang di area yang lebih ramping. Selain itu, penggunaan atasan dan tambahan aksesoris yang tepat akan sangat membantu penampilan pria bertubuh gemuk tetap bisa stylish. 

Kaos V-neck bisa menjadi pilihan tepat untuk pria bertubuh besar karena garis leher pelangsing dan titik fokus vertikal. Atasan berupa kemeja bisnis bergaris akan sesuai, tentu memakainya dengan memasukkannya ke dalamnya. Bomber yang dipotong atau jaket biker kulit memberikan siluet yang ramping dan keren. Kemeja terbuka di atas leher V juga bisa digunakan untuk cuaca yang lebih hangat. Sedangkan, dalam cuaca yang lebih dingin, mantel panjang adalah cara yang bagus untuk memberi kesan kokoh dan tegas pada seluruh tubuh pria bertubuh besar. 

Perlu diperhatikan bahwa penampilan terburuk dari semua kemungkinan bagi pria bertubuh gendut adalah apa pun yang menggabungkan celana yang kendor, tidak formal, dan banyak bagian tubuk yang terekspos.

Dan yang perlu diingat bahwa pakaian yang baik tidak mengubah bentuk tubuh, namun membuat semuanya tampak proporsional, seimbang, dan tubuh terbingkai dengan rapi. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.